Sabtu, 18 Juni 2011

TINGKATAN NAFSU MANUSIA

Amarah
Amarah merupakan tingkatan nafsu manusia yang paling jelek dan paling bawah, apabila manusia memiliki makom nafsu amarah maka manusia seperti ini cenderung banyak melakukan perbuatan maksiad dan ia menikmati perbuatan maksiat tersebut dan dia tidak sadar bahwa perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang tidak terpuji. manusia semacam ini adalah manusia yang kedudukannya paling rendah di bumi dan sangat dibenco oleh Allah SWT, dan oleh manusia. apabila manusia ini tidak sadar dan tidak mau bertaubat maka Allah SWT, akan memasukkannya kedalam neraka.

Lawamah
Merupakan tingkatan nafu yang ke dua dimana manusia yang memiliki nafsu ini ia memiliki kebaikan tetapi kebaikan itu masih sedikit atau masih kalah dengan kejelekan atau kejahatannya. kecenderunan melakukan perbuatan maksiat atau kejahatan lebih besar daripada perbuatan baiknya. manusia yang memiliki nafsu ini setelah dilakukan pendidikan nafsu (tarbiyatunafsi) maka tingkatan nafsunya akan meningkat yaitu pada tingkatan nafsu yang ketiga.

Malhamah
Merupakan tingkatan nafsu yang ketiga dimana tingkatan ini merupakan tingkatan diatas dari nafsu lawamah, mausia yang mencapai tingkatan ini manusia cenderung melakukan perbuatan baik tetapi perbuatan terclanya belum ia tinggalkan sepenuhnya. pada saat ia melakukan perbuatan tercela ia tidak sadar bahwa ia salah tetapi setelah melakukan perbuatan tercela tersebut dia sadar bahwa dia telah melakukan perbuatan yang salah. dengan kata lain maksiad jalan ibadah pun jalan. selanjutnya setelah manusia ini melakukan pendidikan terhadap nafsunya yaitu dengan cara banyak istighfar dan berzikir kepada Allah SWT, maka tingkatan nafsunya akan meningkat.

Mutmainah
Adalah dimana manusia yang sudah mencapai tingkat ini maka manusia tersebut akan mendapat jaminan untuk masuk surganya Allah SWT. setelah mencapai tingkatan ini manusia selanjutnya akan naik lagi tingkatan nafsunya yang selanjutnya.

Mardiyah
Tingkatan nafsu ini merupakan dimana segala perkataan dan perbuatan akan dituntun dan akan di jaga olah Allah SWT, agar segala perbuatan dan perkataan dapat sesuai dengan ajaran islam dan tidak melenceng dari syari'at.

Rhodiah
Apabila manusia sudah mencapai tingkatan ini segala perkataan dan perbuatan manusia ini akan diridhai olah Allah SWT, manusia yang mencapai tingkatan nafsu ini biasanya sudah mencapai makom wali Allah.
 
Kamil
Tingkat paling puncak dari segala nafsu, ini merupakan tingkat kesempurnaan manusia yang biasanya dimiliki olah para nabi dan rasul Allah.

0 komentar:

Posting Komentar